Komputer

uo

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

SEJARAH KOMPUTER

Pada waktu alat bantu perhitungan belum ditemukan, manusia pada saat itu menggunakan jarinya untuk membantu dalam menghitung. Kesulitan muncul ketika perhitungan sudah melebihi jumlah jarinya. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk membantu perhitungannya. Pada saat itu kerikil merupakan alat perhitungan pertama yang dikumpulkan dalam beberapa tusukan, tiap tusukan terdiri dari 10 kerikil. Alat itu kemudian dikenal sebagai Abacus, suan-puan atau soroban. Oleh karena itu perkataan menghitung dalam bahasa inggrisnya berasal dari kata to Calculate yang berasal dari bahasa latin yaitu Calculus yang artinya batu kerikil. Untuk selanjutnya ditemukan alat-alat perhitungan lainnya sebagai berikut :

  • Pada abad XIV (tahun 1340) di Itali “Bookeeping Machine”
  • Pada abad XVII (tahun 1642) “Pascal Adding Machine”
  • Pada abad XVIII (tahun 1833) “Engine of Difference”

Engine of Difference merupakan alat perhitungan elektronik yang ditemukan oleh Charles Babbage dari Inggris yang merupakan nenek moyangnya komputer.

 

PERKEMBANGAN PERALATAN

  1. Peralatan Manual yaitu peralatan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga manusia.
  2. Peralatan Mekanik yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakan dengan tangan secara manual.
  3. Peralatan Mekanik Elektronik yaitu peralatan mekanik yang digerakan secara otomatis oleh motor elektronik.
  4. Peralatan Elektronik yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

  1. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan seebagai alat bantu manipulasi dan pengelolaan informasi.
  2. Teknologi komunikasi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

KOMPONEN DASAR KOMPUTER

  1. A.      HARDWARE
    1. Unit Input                       : Keyboard,Mouse,Joystic,Scanner
    2. Unit Processors               : CPU
    3. Unit Output                     : Monitor,Printer,Ploter
    4. Unit Penyimpan Data      : Diskdriver,Hardisk,Flashdisk
    5. Unit Multimedia              : CDROM,Modem

 

 

  1. B.       SOFTWARE
    1. Operating System            : MS DOS,WINDOWS,LINUX
    2. Utility/Prog.Bantu           : Norton,PCTOOLS,SCAN
    3. Package Program             : Microsoft Office, CorelDraw, Lotus
    4. High Level Language      : Basic
  2. C.      BRAINWARE
    1. Operator                          : Pemakai yang mengerti system
    2. Programmer                     : Pemakai yang mampu membuat program
    3. Analis/Desainer               : Membuat analisis permasalahan
    4. Teknisi                             : Memperbaiki kerusakan pada komputer

 

 

Bagian-bagian komputer

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Perangkat keras

  • Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
  • Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
  • Hard drive, media penyimpanan semi permanen
  • Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
  • Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer

Perangkat lunak

  • Sistem operasi
    Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
  • Program komputer
    Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya

Slot pada komputer

  • ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
  • AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
  • IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
  • USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

Jenis komputer